info@pdsi.or.id +62 895-4021-51711

Sejarah Organisasi PDSI

Sebatas Wacana
Pada tahun ke dua di bangku pendidikan S3 Program Studi Ilmu Komputer Sumatera Utara tahun 2020, bapak Mesran berencana dengan teman sekelas bermaksud untuk membentuk wadah bagi peneliti muda pada bidang Ilmu Komputer untuk membentuk suatu organisasi keilmuan, namun hal ini masih sebatas wacana.

Dua (2) tahun berlalu, hanya sebatas wacana dan disibukkan dengan Disertasi dari masing-masing teman, maka keinginan terlintas kembali saat seorang teman grup di Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi mengajak membentuk Perusahaan (PT). Namun karena sudah memiliki CV maka terlintas ide kembali untuk membentuk Asosiasi keilmuan, dan pada awal tahun 2022, bapak Mesran berdiskusi dengan bapak Jeperson Hutahaean, bagaimana membentuk Asosiasi Peneliti Data Science Indonesia yang berpusat di Medan, Sumatera Utara. Ide ini di sambut langsung oleh bapak Jeperson Hutahaean yang kemudian di tindak lanjutin dengan mengajak beberapa rekan diantaranya bapak Agus Perdana Windarto dan Anjar Wanto

Keanggotaan Pusat
Agar struktur DPP yang sekaligus Anggota Inti PDSI tersebar pada beberapa wilayah, bapak Mesran menghimbau kepada ke 3 rekan yang ada untuk mengajak teman yang terdapat pada daerah yang lain. Maka di rekrutlah beberapa teman dari beberapa wilayah diantaranya Nur Arminarahmah yang berasal dari Kalimantan, Anak Agung Gde Bagus Ariana dari Bali, Errissya Rasywir dari Jambi dan Gita Widi Bhawika dari Malang.

Struktur Lengkap Notaris
Pada pertengahan Februari 2022, ke 8 orang yang namanya tersebut di atas, menghadap Notaris untuk pembentukan Perkumpulan dengan nama Asosiasi Peneliti Data Science Indonesia. Diputuskan pada SK Notaris yang menjadi pengurus:
PENGURUS
1. Ketua, Agus Perdana Windarto
2. Wakil Ketua, Anak Agung Gde Bagus Ariana
3. Sekretaris, Nur Arminarahmah
4. Bendahara, Errissya Rasywir
PENGAWAS
1. Ketua, Mesran
2. Jeperson Hutahaean
3. Gita Widi Bhawika
4. Anjar Wanto

Alhamdullilah pada tanggal 15 Februari 2022, dengan nomor 53 Akta Pendirian Perkumpulan Asosiasi Peneliti Data Science Indonesia telah resmi berdiri. Sedangkan untuk Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan Nomor AHU-0003398.AH.01.07.TAHUN 2022 telah di sahkan pada tanggal 5 April 2022 yang ditandatangani oleh Cahyo Rahadian Muzhar, S.H., LLM.

Alhamdullilah SK Notaris sudah dimiliki beserta dengan SK KepMenKumHam sudah ada, begitu juga dengan NPWP dari Organisasi PDSI.

Tahap selanjutnya PDSI akan melakukan rekrutan anggota untuk DPP dan DPW. Semoga teman teman peneliti dapat bergabung di Asosiasi Peneliti Data Science Indonesia (PDSI).

BERITA POPULER PDSI
hide

STIKOM Tunas Bangsa meraih 3 Emas, 2 Perak dan 2 Perunggu pada 2nd Indonesian Student & Lecturer Competition (ISLC)

Mesran Dilihat : 640

hide

Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (SANISTEK) 2022

Mesran Dilihat : 562

hide

WORKSHOP Pelatihan Reviewers Bidang Informatika Pada Jurnal Terakreditasi SINTA

Mesran Dilihat : 685

hide

WORKSHOP Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Nasional Terakreditas SINTA

Mesran Dilihat : 760

CONFERENCES

Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (SANISTEK) 2022