info@pdsi.or.id +62 895-4021-51711
Universitas Budi Darma Berhasil Dapatkan 1 Emas 3 Perak dan 1 Perunggu di Ajang IPROPEX 2023
Tuesday, 31 October 2023
Oleh : Mesran Dilihat : 189
IMG

Politeknik Tuanku Syed Sirajuddin, merupakan institusi pendidikan terkemuka di Malaysia yang bertempak di Perlis, baru-baru ini menjadi menyelenggarakan ajang tahunan yang dikenal dengan nama IPROPEX 2023. Acara tahunan yang sangat dinanti-nantikan ini menampilkan sejumlah inovasi yang mengesankan yang dikembangkan oleh para mahasiswa.

Dalam perhelatan IPROPEX (Innovation, Project, and Exhibition) 2023, yang diadakan pada tanggal 23 hingga 24 Mei 2023, para peserta dari berbagai institusi pendidikan berkumpul untuk memamerkan proyek-proyek inovatif mereka. Acara ini memberikan wadah bagi para mahasiswa untuk memamerkan ide-ide kreatif mereka, yang meliputi berbagai disiplin ilmu seperti teknik, teknologi informasi, bisnis, dan banyak lagi.

Pada ajang ini Universitas Budi Darma mengirimkan 9 mahasiswa dan 4 dosen dari tiga Fakultas, yaitu: Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FILKOM), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Ajang IPROPEX 2023 menampilkan beberapa proyek inovatif yang mencakup beragam bidang. Di antara proyek-proyek yang dipamerkan, terdapat teknologi terkini dalam bidang robotika, kecerdasan buatan, energi terbarukan, pengolahan limbah, serta solusi berbasis teknologi untuk berbagai tantangan sosial dan ekonomi.

Universitas Budi Darma memamerkan lima produk inovatif, di antaranya 3 (tiga) produk dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis yaitu Godok Garing, Sambel Pecel Green dan Green Coffee Natural Longberry, 1 (satu) produk dari Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi yaitu Mangerai Application, dan satu produk lagi dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yaitu E-Microteaching (Media Pembelajaran Simulasi).

Pada kegiatan IPROPEX 2023, Tim mahasiswa dari Universiti Budi Darma sukses mendapatkan Medali 1 Emas, 3 Perak, dan 1 Perunggu.

Pada produk Mangerai Application karya Suci Rimbun Rizki, Azrial Fahrezi, Revanly P Manurung, dan Andri Saputra mendapatkan Medali Emas, produk Sambel Pecel Green karya Tasya Hidayah Nasution, Firda Amalia, dan Sri Rejeki Simanullang mendapatkan Medali Perak, produk Green Coffee Natural Longberry karya Hendra Putra Jaya Harefa, Melinda Jelita Putri Zebua, Wisman Wulan Sari Gulo dan Raisya mendapatkan Medali Perak.

Untuk produk E-Microteaching (Media Pembelajaran Simulasi) karya Utari, Raudatul Izmi Lubis, dan Azhary Rayhan Ramadhan juga mendapatkan Medali Perak, dan terakhir produk Godong Garing karya Rita Anggraini Luthfiyah Syakirah Lubis, dan M. Rizki Putra Dewanta mendapatkan Medali Perunggu.

Pada kegiatan IPROPEX 2023 dilakukan serangkaian kegiatan antara lain: 1) Universitas BudiDarma melakukan penandatanganan kerjasama dengan Politeknik Tuanku SyedSirajuddin Perlis Malaysia, 2) Universitas Budi Darma melakukan kegiatanBencmarking pada Jabatan Perdagangan dan Jabatan Teknologi Maklumat &Komunikasi, 3) Universitas Budi Darma melakukan pengabdian pada Kampung Warna Warni Perlis Malaysia, 4) Visiting Lecture Universitas Budi Darma pada Jabatan Perdagangan dan Jabatan Teknologi Maklumat & Komunikasi Politeknik Tuanku Syed Sirajuddin Perlis Malaysia.

Mengikutsertakan mahasiswa pada kegiatan IPROPEX 2023, memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan wawasan lebih dalam tentang tren terbaru dalam industri serta memperluas jaringan mereka dengan para profesional.

 

Acara IPROPEX 2023 di adakan oleh Politeknik Tuanku Syed Sirajuddin, Perlis, Malaysia telah menjadi platform yang sukses bagi para mahasiswa Universitas Budi Darma dalam memamerkan bakat inovatif mereka. Hal ini selaras dengan komitmen kuat Universitas Budi Darma dalam menghasilkan lulusan yang mampu beradaptasi dan berinovasi dalam dunia yang terus berkembang (Wnd).